Home » , » Kisah Ibnu Ummi Maktum

Kisah Ibnu Ummi Maktum




Hadits 1
Dari Abu Hurairah dia berkata; "Seorang buta (tuna netra) pernah menemui Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan berujar "Wahai Rasulullah, saya tidak memiliki seseorang yang akan menuntunku ke masjid." Lalu dia meminta keringanan kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam untuk shalat di rumah. Ketika sahabat itu berpaling, beliau kembali bertanya: "Apakah engkau mendengar panggilan shalat (adzan)?" laki-laki itu menjawab; "Benar." Beliau bersabda: "Penuhilah seruan tersebut (hadiri jamaah shalat)." HR. Muslim 1044/ Syarh An-Nawawi 653
Derajat Hadits : Syaikh Al-Albani : Hasan Shahih

Hadits 2
Dari Ibnu Ummi Maktum bahwasanya dia pernah bertanya kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam, dia berkata; Ya Rasulullah, saya adalah seorang yang buta dan rumahku jauh, sedangkan saya mempunyai orang yang menuntunku tapi dia tidak membantuku, maka apakah saya mendapatkan keringanan untuk melaksanakan shalat di rumahku? Beliau bersabda: "Apakah kamu mendengar adzan?" Dia menjawab; Ya. Beliau bersabda: "Saya tidak mendapatkan keringanan untukmu!" HR. Abu Daud 465/ Cetakan Baitul Afkar Ad-dauliah no. 552

Hadits 3
Dari Abu Hurairah dia berkata; "Seorang laki-laki buta datang kepada Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam lalu berkata, 'Aku tidak mempunyai penuntun untuk menuntunku ke masjid'. Kemudian ia meminta keringanan untuk shalat di rumahnya, dan beliau Shallallahu'alaihi wasallam mengizinkannya. Namun setelah dia pergi Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam segera memanggilnya dan bertanya, "Apakah engkau mendengar panggilan shalat? ' la menjawab, 'Kalau adzan sih mendengar'. Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam lalu bersabda; 'Kamu wajib mendatanginya (shalat berjamaah)." 
HR. An Nasa'i 841/ Cetakan Maktabatu Al-Ma'arif Riyadh no. 850
Derajat Hadits : Syaikh Al-Albani : Shahih

Hadits 4
Dari Ibnu Ummi Maktum bahwasanya dia berkata; "Wahai Rasulullah Shallallahu'alihiwasallam di Madinah banyak hewan melata dan hewan buas." Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam menjawab, "Apakah kamu mendengar seruan, 'Hayya 'alash-shalah, hayya 'alal falah? '" la menjawab, "Ya." Kemudian Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam bersabda, "Maka marilah menyambutnya." Beliau Shallallahu'alaihi wasallam tidak memberi keringanan kepadanya. 
HR. An Nasa'i 842/  Cetakan Maktabatu Al-Ma'arif Riyadh no. 851 
Derajat Hadits : Syaikh Al-Albani : Shahih

Hadits 5
Dari Ibnu Ummi Maktum ia berkata; Aku berkata kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam; "aku orang yang sudah tua, tidak dapat melihat, jauh rumahnya, dan aku juga tidak memiliki pemandu yang dapat menuntunku. Maka apakah aku bisa mendapatkan keringanan?" Beliau menjawab: "Apakah kamu mendengar adzan?" Aku menjawab; "Iya." Beliau bersabda: "Aku tidak mendapatkan adanya keringanan bagimu." 
HR. Ibnu Majah 784/ Ahmad Syakir 792
Derajat Hadits :Syaikh Al-Albani : Shahih


--------------------------------------------------------
Apakah anda Tua?
Apakah anda Buta?
Apakah rumah anda jauh dari Masjid?
Apakah diperjalanan anda ke Masjid ada hewan Buas ?

Seandainya semua pertanyaan diatas jawabannya adalah iya, Anda saja tidak akan mendapatkan keringanan sholat di rumah, Apalagi jika semuanya jawabannya tidak. Lantas, masihkah anda shalat 5 waktu di rumah? (kecuali jika ada udzur syar'i seperti hujan dll.) 
-------------------------------------------------------
Khusus untuk ikhwan.

-------------------------------------------------------
Oleh Muhammad Adry Yudhistira

Total Tayangan Halaman

@RohisAsysyifa

Absensi Mentoring

Terpopuler

Comment

Random Post

Rohis SMAN 2 Cibinong. Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Rohis Asy-syifa - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger